Tuesday, March 8, 2016

Makanan Khas Indonesia Sate-sate Unik Yang Tidak Biasa



Sate adalah salah satu makanan yang asli berasal dari Indonesia. Awalnya sate berasal dari daerah Pulau Jawa yang kemudian menyebar ke seluruh pelosok Indonesia, bahkan juga sampai ke luar negeri, dimana resep sate ini dibawa oleh pedagang-pedagang Indonesia yang “hijrah” ke luar negeri. Daerah yang terkenal dengan kelezatan satenya adalah Pulau Maduran dan Kota Padang. Yang mana sate dari kedua daerah ini sudah merambah hampir di setiap pelosok negeri ini. Di tulisan sebelumnya saya sudah menjelaskan beberapa jenis sate yang ada di Indonesia. 

Sate biasanya dibuat dari daging ayam, kambing atau sapi. Ketiga daging ini adalah yang paling umum digunakan sebagai bahan dasar makanan sate. Karena kelezatan dagingnya dan juga mudah didapatkan di pasaran. Namun ternyata, di Negeri kita ini selain ketiga daging tersebut, ada beberapa jenis bahan makanan yang digunakan untuk membuat sate. Dan beberapa bahan pembuat sate ini menurut saya termasuk ekstrim untuk dijadikan makanan. Langsung saja kita bahas bersama biar gak nambah penasaran.


1.      Sate Kelinci
Makanan Khas Indonesia Sate-sate Unik Yang Tidak Biasa sate kelinci
Kelinci


Sate ini terbuat dari daging kelinci, biasanya banyak ditemukan di daerah Jawa di kawasan pegunungan. Karena di daerah seperti ini banyak penduduk yang memelihara kelinci sebagai hewan ternaknya. Misalnya di daerah Lembang di Jawa Barat, Kaliurang di Yogyakarta, Bandungan dan Tawangmangu di Jawa Tengah dan juga Telaga Sarangan di Jawa Timur.  Sebenernya prosesnya sama dengan sate ayam dan kambing, hanya bahan dasarnya saja yang berbeda yaitu menggunakan daging kelinci. Disajikan dengan irisan bawang merah, bumbu kacang dan kecap manis. Dapat ditambahkan juga nasi dan juga lontong atau ketupat.


2.      Sate Bandeng
Makanan Khas Indonesia Sate-sate Unik Yang Tidak Biasa sate bandeng
Bandeng


Sate yang unik dari daerah Banten. Dibuat dari daging ikan bandeng tanpa duri dan tulang. Ikan bandeng yang sudah dibumbui dipisahkan dari duri lalu dimasukkan kembali ke dalam kulit ikan bandeng, dijepit dengan bambu dan kemudian dibakar di atas bara arang.


3.      Sate Belut
Makanan Khas Indonesia Sate-sate Unik Yang Tidak Biasa sate belut
Belut


Awalnya berasal dari daerah Pulau Lombok. Daging belut digunakan sebagai bahan dasarnya. Daging belut ditusuk dan dililitkan lalu dibakar sampai matang. Tiap tusuk bambu berisikan satu ekor belut.


4.      Sate Kuda
Makanan Khas Indonesia Sate-sate Unik Yang Tidak Biasa sate kuda
Kuda


Sate kuda sebenarnya juga sama dengan sate yang lainnya. Hanya saja daging yang digunakan adalah daging kuda. Disajikan dengan ditambahkan irisan bawang merah, merica, kol dan kecap manis. Di daerah Yogyakarta sate ini dikenal dengan sebutan sate jaran(kuda).


5.      Sate Bulus
Makanan Khas Indonesia Sate-sate Unik Yang Tidak Biasa sate bulus
Bulus

Bulus adalah sejenis kura-kura berpunggung lunak. Karena sebagian tempurungnya terdiri dari tulang rawan. Dalam bahasa Inggris biasanya disebut Asiatic softshell turtle atau common softshell turtle. Sate bulus merupakan salah satu sate langka dari daerah Yogyakarta. Daging bulus dijadikan sebagai bahan utama pembuatan sate bulus ini dan juga disajikan sebagai tongseng.


6.      Sate Ular
Makanan Khas Indonesia Sate-sate Unik Yang Tidak Biasa sate ular
Ular

Sate ini termasuk yang menggunakan bahan dasar ekstrim untuk dijadikan makanan. Karena terbuat dari daging ular. Biasanya banyak diburu oleh orang-orang yang mempercayai akan khasiatnya, yaitu sebagai penambah stamina untuk pria dewasa. Ular yang biasanya digunakan adalah ular kobra dan sanca.


7.      Sate Bekicot
Makanan Khas Indonesia Sate-sate Unik Yang Tidak Biasa sate bekicot
Bekicot
Sate ini dibuat dari daging bekicot. Bekicot biasanya direbus dahulu untuk memudahkan mengambil dagingnya. Baru kemudian daging bekicot diurap dengan bumbu baru ditusuk dengan menggunakan tusuk bambu. Lalu dipanggang hingga matang.


8.      Sate Babi
Makanan Khas Indonesia Sate-sate Unik Yang Tidak Biasa sate babi
Babi

Sate ini popular di daerah yang mayoritas penduduknya adalah Non Muslim. Karena umat Muslim mengharamkan daging babi untuk dimakan.


9.      Sate Torpedo
Makanan Khas Indonesia Sate-sate Unik Yang Tidak Biasa sate torpedo
Torpedo

Torpedo adalah bagian testis dari kambing. Bukan salah satu jenis bom ya kawan. Hehe... Mungkin karena bentuknya panjang seperti bom torpedo makanya diberi nama seperti itu. Bagian testis kambing (torpedo) ini dibumbui dalam kecap manis dan kemudian dibakar. Disajikan dengan bumbu kacang, kecap manis, acar dan nasi putih. Sebagian masyarakat percaya khasiat dari torpedo kambing ini sebagai penambah stamina untuk pria dewasa.


10.  Sate Biawak
Makanan Khas Indonesia Sate-sate Unik Yang Tidak Biasa sate biawak
Biawak

Biawak merupakan salah satu hewan reptil. Sate biawak dibuat dengan menggunakan daging biawak sebagai bahan utamanya. Dipercaya dapat mengobati sakit gatal-gatal dan sakit kulit yang lainnya.


11.  Sate Kere
Makanan Khas Indonesia Sate-sate Unik Yang Tidak Biasa sate kere
Sate Kere

Termasuk salah satu sate vegetarian yang murah. Karena awal mulanya berasal dari tempe giling atau yang lebih dikenal dengan sebutan tempe gembus. Disajikan dengan bumbu kacang dan acar. Istilah ”kere” dalam bahasa Jawa berarti “miskin”, awal mulanya adalah untuk memberikan kesempatan kepada warga miskin untuk menikmati sate karena pada zaman dahulu daging adalah termasuk barang mewah.

Nah itulah beberapa jenis makanan khas Indonesia sate-sate unik yang tidak biasa. Unik memang bahan yang digunakan untuk membuat sate-sate tersebut. Sekarang setelah tau adakah diantara kawan-kawan yang mau mencoba mencicipinya?

No comments:

Post a Comment