Friday, January 29, 2016

Makanan Khas Indonesia – Buah Langka Asli Indonesia



Di dunia hewan kita sering mendengar ada istilah hewan langka. Karena populasi hewan tersebut sudah jarang atau sedikit bahkan mungkin terancam punah. Nah begitu juga di dunia buah-buahan, ada beberapa buah yang mulai langka atau sudah sangat jarang dijumpai. Berikut ini adalah makanan khas Indonesia – buah langka asli Indonesia. Cekibrot bro....


1.      Jamblang
Makanan Khas Indonesia – Buah Langka Asli Indonesia - Jamblang
Jamblang

Buah yang satu ini mirip sekali dengan buah anggur ungu. Teksturnya lunak dan berair. Rasanya manis diiringi sepat. Jika dimakan dapat meninggalkan bekas berwarna ungu di mulut.


2.      Kecapi
Makanan Khas Indonesia – Buah Langka Asli Indonesia - kecapi
Kecapi

Nama lain dari buah kecapi adalah buah sentul. Sama dengan nama salah satu sirkuit di Indonesia. Buah ini mempunyai kulit yang tebal dan dapat dikupas, daging buahnya berwarna putih. Rasa buahnya segar dan manis.


3.      Menteng
Makanan Khas Indonesia – Buah Langka Asli Indonesia - menteng
Menteng

Buah ini memiliki rasa manis-asam. Daging buahnya tipis karena bijinya besar. Buah ini banyak terdapat di daerah Bogor dan Jakarta.


4.      Gandaria
Makanan Khas Indonesia – Buah Langka Asli Indonesia - gandaria
Gandaria

Buah ini banyak ditemukan di daerah Sumatera dan Jawa. Saat masih muda berwarna hijau dan berubah kekuningan saat akan matang. Daging buahnya tebal renyah dan berair serta rasanya asam. Gandaria diperoleh dari warna kulit ari dan bijinya yabg berwarna ungu kemerahan (gandaria).


5.      Kemang
Makanan Khas Indonesia – Buah Langka Asli Indonesia - kemang
Kemang

Buah ini mirip dengan buah mangga, tapi aroma baunya seperti buah salak. Daging buahnya berwarna putih dan sifatnya lunak, sangat berserat dan mempunyai rasa sedikit manis dan sepat. Ini merupaka buah khas Kota Bogor.

Buah-buahan di atas sudah sangat jarang dijumpai saat ini. Mungkin ketika kita masih kecil dulu masih sering ketemu, tapi untuk anak-anak angkatan di bawah 90-an ya. Hehehe...

No comments:

Post a Comment