Tuesday, February 2, 2016

Makanan Khas Indonesia Bakso

Bakso


Bakso... Mendengar kata bakso pasti kita semua akan berfikir tentang suatu makanan yang bentuknya bulat dan berasal dari daging sapi. Hmmm.. Secara umum memang benar seperti itu. Tetapi ternyata saat ini bakso tidak hanya berbentuk bulat, dan juga tidak hanya berasal dari daging sapi juga. Karena semakin hari manusia semakin kreatif, sehingga bakso pun dibuat variasi yang sangat banyak. 

Makanan khas Indonesia bakso ini, adalah salah satu makanan rakyat dimana semua lapisan masyarakat menyukainya. Banyak dijual dari tukang bakso keliling sampai tukang bakso yang ada di mall bahkan juga restoran. Sangat nikmat disantap ketika dalam kondisi panas, apalagi ditambah dengan sambal akan semakin memberi kesan nikmat yang tak terlupakan. Lebih cocok lagi ketika suasana dingin atau hujan. Hehe... Nah berikut ini adalah macam-macam variasi bakso yang dapat saya kumpulkan dari berbagai sumber. Mungkin tidak dapat semua yang saya bahas karena sangat banyak variasinya.

1.      Bakso Sapi
Makanan Khas Indonesia bakso - bakso sapi
Bakso Sapi
Ini adalah bentuk standar dari bakso. Bakso sapi biasanya disajikan bersama kuah yang diberi bumbu khusus. Bisa dicampur dengan mie atau pun tidak, tergantung selera saja. Bakso sapi ini adalah variasi yang paling banyak diantara variasi lain. Dan juga banyak dibuat variasi bakso yang lain yang bahan dasarnya dari daging sapi.

2.      Bakso Malang
Makanan Khas Indonesia bakso - bakso malang
Bakso Malang
Bakso yang satu ini tidak kalah popular dengan bakso sapi. Sebutan lainnya adalah bakwan Malang. Ciri khas dari bakso Malang ini adalah adanya kerupuk pangsit.

3.      Bakso Urat
Makanan Khas Indonesia bakso - bakso urat
Bakso Urat

Bakso urat ini terbuat dari daging sapi yang diisi dengan irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar. Jadi secara tekstur terasa kasar. Sehingga bagian urat dan tendonnya kadang masih terlihat dan juga masih bisa dirasakan ketika kita memakannya.

4.      Bakso Ayam
Makanan Khas Indonesia bakso - bakso ayam
Bakso Ayam

Pasti bakso ini menggunakan bahan dasar ayam, karena dari namanya kita bisa mengetahuinya. Bakso ini juga cukup digemari masyarakat. Tekstur baksonya sedikit berantakan meskipun tetap berbentuk bulat. Ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi orang-orang yang tidak suka dengan daging sapi.

5.      Bakso Ikan
Makanan Khas Indonesia bakso - bakso IKAN
Bakso Ikan
Bakso ikan merupakan variasi bakso yang lumayan popular selain bakso sapi. Bisa dijadikan alternatif untuk orang-orang yang tidak suka dengan daging sapi. Jadi tetap bisa makan bakso. Ikan yang sering gunakan untuk bahan dasarnya adalah ikan tenggiri. Warna bakso biasanya lebih putih dan ukurannya pun lebih kecil dibanding bakso sapi biasa.

6.      Bakso Setan
Makanan Khas Indonesia bakso - bakso setan
Bakso Setan

Bakso ini bukan berasal dari setan ya kawan. Dan juga abang tukang baksonya bukan setan juga ya. Karena pada dasarnya bakso ini sama dengan bakso yang lain, hanya saja ukurannya yang sangat besar dan perlu tenaga khusus untuk bisa menghabiskannya

7.      Bakso Telor
Makanan Khas Indonesia bakso - bakso telor
Bakso Telor
Bakso telor merupakan variasi dari bakso sapi yang hampir pasti tersedia di warung bakso. Ukurannya biasanya sebesar telor ayam rebus tetapi lebih besar sedikit, karena bakso ini berisi satu butir telur rebus utuh.

8.      Bakso Ranjau
Makanan Khas Indonesia bakso - bakso ranjau
Bakso Ranjau

Secara umum bakso ini sama dengan bakso sapi biasanya. Hanya saja di dalam baksonya terdapat ranjau berupa cabai rawit yang bisa meledak ketika terkena gigitan kita. Tetapi ini malah dapat memberi sensasi tersendiri bagi para penikmat bakso. Karena seperti namanya yaitu bakso ranjau, jadi kita seperti merasa terkena jebakan ketika kita menggigit si cabe yang berada di dalam baksonya. 

9.      Bakso Tenis
Makanan Khas Indonesia bakso - bakso tenis
Bakso Tenis
Bakso dan tenis? Apa maksudnya? Apakah baksonye terbuat dari bola tenis? Tentu tidak. Maksudnya adalah baksonya tetap terbuat dari daging sapi, tetapi ukurannya yang cukup besar kira-kira sebesar bola tenis. Mantab khan?! Biasanya bisa diisi dengan telur rebus ataupun tidak ada isinya.

10.  Bakso Tahu
Makanan Khas Indonesia bakso - bakso tahu
Bakso Tahu
Bakso tahu secara umum mempunyai dua variasi. Yaitu baksonya dimasukkan kedalam tahu, dan bisa juga tahunya disajikan bersama bakso di dalam kuah. 
 

11.      Bakso Comberan
Makanan Khas Indonesia Bakso comberan
Bakso Comberan

Kok comberan? Tau comberan khan? Comberan itu adalah got atau selokan. Jadi dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan kalo bakso ini pasti mempunyai kuah yang warnanya seperti air comberan. Yaitu berwaran gelap atau kehitaman. Karena tidak mungkin si abang tukang baksonya menggunakan air comberan untuk campuran kuahnya. Bisa-bisa pada kabur yang mau beli.

Warna hitam pada kuah bakso ini dihasilkan campuran kuah rawon. Jadi tidak heran jika warna kuahnya menjadi hitam. Oh ya bakso ini biasanya disajikan dengan campuran mie dan tulang ayam.


12.      Bakso Penyet
Makanan Khas Indonesia Bakso penyet
Bakso Penyet

Biasanya makanan yang dipenyet-penyet ini adalah ayam atau iga. Tetapi kali ini yang dipenyet adalah bakso. Ini merupakan salah satu varian dari bakso yang belum tentu ada di setiap daerah. Cara menyajikannya adalah mirip dengan ayam penyet, yaitu bakso digoreng kemudian disajikan dengan sambal. Biasanya sambal yang digunakan adalah sambal terasi. Bakso ini tidak dicampur dengan mie ataupun kuah bakso seperti pada umumnya. Karena bakso ini disajikan bersama nasi putih yang masih hangat dan juga dengan lalapan.


13.      Bakso Rambutan
Makanan Khas Indonesia Bakso rambutan
Bakso Rambutan

Bakso apalagi ini?? Mungkin ini pertanyaan yang muncul di dalam hati sebagian temen-temen pembaca. Sekali lagi jangan terjebak dari namanya ya teman, karena bakso ini bukan berasal dari buah rambutan. Melainkan bakso ini dibuat dengan cara baksonya di tutupi atau dibalut dengan mie. Kemudian baru digoreng. Jadi mie inilah yang setelah digoreng bentuknya menyerupai rambut. Bakso ini disajikan tidak dengan kuah. Karena bakso jenis ini cocok dijadikan sebagai cemilan untuk teman minum kopi atau teh di sore hari. Bisa juga ditambahkan dengan saus pedas untuk memberi sensasi tambahan.


14.      Bakso Sarang Burung
Makanan Khas Indonesia Bakso sarang burung
Bakso Sarang Burung

Sesuai dengan namanya bakso yang satu ini mempunyai corak yang mirip dengan telur burung puyuh. Karena bakso ini dibuat dari daging sapi yang dicampur dengan tambahan sayur-sayuran, kemudian di bentuk bulat-bulat sehingga akan tampak menyerupai telur burung puyuh. Ketika disajikan di dalam mangkok akan ditambahkan dengan mie bihun dan potongan sayuran, sehingga keadaan di dalam mangkok akan tampak seperti sarang burung lengkap dengan telurnya.


15.      Bakso Telur Setengah Matang
Makanan Khas Indonesia Bakso telur setengah matang
Bakso Telur Setengah Matang

Sebenernya bakso telur setengah matang ini sama dengan bakso telur yang lain. Yaitu bakso yang berisi satu butir telur ayam rebus utuh. Tapi bedanya bakso yang satu ini berisi telur yang masih setengah matang dengan kuning telurnya yang kondisinya masih cair. Jadi ketika bakso ini dipotong kuning telur ini akan mengalir ke dalam kuah bakso. Namun bagi Anda yang tidak suka dengan telur setengah matang, saya sarankan untuk tidak mencobanya, karena ditakutkan bisa menyebabkan mual karena tidak tahan dengan bau amis yang masih ada pada telur setengah matang tersebut.

Memang kalo berbicara tentang makanan Indonesia tidak pernah ada habisnya. Termasuk juga dengan bakso ini. Walaupun konon katanya bakso ini awal mulanya bukan berasal dari Indonesia, tetapi dengan perkembangannya bakso sudah menjadi salah satu ciri khas makanan Indonesia. Karena bakso sudah melekat dan mendarah daging dengan masyarakat Indonesia.

Untuk Anda Pencinta Sambal Cek di Sini

No comments:

Post a Comment