Monday, February 1, 2016

Makanan Khas Indonesia yang Ekstrem




Negeri kita ini mempunyai sangat banyak jenis masakan dan makanan yang sangat lezat. Dari setiap daerah pasti mempunyai ciri khas tersendiri. Dan kalau berbicara tentang makanan emang ga ada matinya ya. Selalu saja ada bahan untuk dibahas. Kali ini kita akan membahas makanan Indonesia yang berbahan baku dari hewan yang tidak umum dijadikan bahan makanan di daerah yang lain. Cekobrooottt....


1.      Rujak Cingur
Makanan Khas Indonesia yang Ekstrem - rujak cingur
Rujak Cingur

Tidak ada yang jika sekilas kita melihat penampilan rujak cingur ini. Karena secara umum memang tampak seperti rujak pada umumnya. Yaitu campuran buah-buahan dan bumbu kacang. Namun yang berbeda adalah pada rujak cingur ditambahkan dengan bahan potongan cingur yang diiris tipis-tipis. Cingur dalam bahasa jawa artinya “mulut”. Dan yang cingur yang digunakan adalah cingur sapi. Makanan ini berasal dari daerah Surabaya dan sekitarnya.


2.      Tikus Bakar
Makanan Khas Indonesia yang Ekstrem - tikus bakar
Tikus Bakar

Di daerah Tomohon Minahasa, tikus bakar sudah menjadi makanan favorit. Karena rasanya lebih enak dari ayam bakar menurut mereka. Tikus yang digunakan adalah bukan tikus rumah ataupun tikus got. Melainkan tikus yang belum terkontaminasi sampah.


3.      Ulat Sagu
Makanan Khas Indonesia yang Ekstrem - ulat sagu
Ulat Sagu
Ulat sagu yang terdapat pada batang pohon sagu yang dibusukkan ataupun batang pohon sagu yang baru ditebang biasa dijadikan makanan oleh masyarakat Papua. Ulat sagu ini dapat dimakan secara langsung ataupun dijadikan sate panggang. Ternyata ulat sagu ini mempunyai kandungan protein yang tinggi.


4.      Peyek Laron
Makanan Khas Indonesia yang Ekstrem - peyek laron
Peyek Laron
Peyek merupakan makanan yang terdiri dari campuran tepung beras, air dan bumbu-bumbu. Kemudian diisi dengan kacang tanah, ikan teri atau udang rebon. Tapi di daerah Yogyakarta, masyarakat di sana biasa mengisi campuran tersebut dengan laron. Apa itu laron? Laron adalah rayap yang sudah keluar sayapnya.


5.      Kelelawar Goreng
Makanan Khas Indonesia yang Ekstrem - kelelawar goreng
Kelelawar Goreng
Ini makanan dari daerah Manado. Biasanya kelelawar digoreng dan dicampur dengan sambal atau bumbu kecap. Makanan ini banyak diburu oleh masyarakat karena dipercaya dapat memberi efek pengobatan pada penyakit gatal-gatal, asma dan juga alergi.


6.      Bothok Tawon
Makanan Khas Indonesia yang Ekstrem - bothok tawon
Bothok Tawon
Bothok yang biasanya dibuat dari ampas kelapa muda atau yang biasa disebut bongkil. Tapi di daerah Madiun bothok ini dimasak menggunakan bahan dari sarang tawon atau lebah.

Memang tidak lazim ya bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan di atas. Tapi di daerah tersebut itu merupakan hal yang biasa dan dianggap sebagai salah satu makanan yang lezat. Berani mencoba???

No comments:

Post a Comment