Monday, February 1, 2016

Makanan Khas Indonesia Pempek




Pempek adalah makanan yang terbuat dari gilingan daging ikan dan sagu. Kemudian diolah dan direbus, baru kemudian digoreng. Pempek disajikan bersama saus yang diberi nama cuka atau cuko dalam bahasa Palembang dan juga ditambah dengan potongan mentimun. Cuko ini pada dasarnya adalah pedas, namun sekarang ada juga cuko yang tidak pedas karena mengikuti perkembangan selera masyarakat dari luar daerah Sumatera. Cuko juga mempunyai khasiat untuk melindungi gigi dari karies atau kerusakan lapisan email dan dentin pada gigi.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas Indonesia pempek yang terkenal.

1.      Pempek Kapal Selam
Makanan Khas Indonesia Pempek kapal selam
Pempek Kapal Selam

Sebenernya pempek ini tidak mirip dengan kapal selam. Dan saya pun belum tau alasan kenapa pempek ini diberi nama pempek kapal selam. Hehe... Yang pasti pempek ini mempunyai ukuran yang besar dibandingkan dengan jenis yang lain. Karena pempek ini berisi satu buah telur ayam atau telur bebeb rebus utuh.


2.      Pempek Telur
Makanan Khas Indonesia Pempek telur
Pempek Telur

Pempek ini sebenernya sama dengan pempek kapal selam hanya saja ukurannya lebih kecil, karena telur rebus yang digunakan sebagai isinya dipotong menjadi beberapa bagian.


3.      Pempek Lenjer
Makanan Khas Indonesia Pempek lenjer
Pempek Lenjer

Pempek lenjer juga ada dua jenis ukuran yaitu lenjer besar dan lenjer kecil. Pempek lenjer berbentuk bulat lonjong dan agak panjang, kemudian dipotong-potong untuk digoreng. Pempek ini tidak mempunyai isian.


4.      Pempek Adaan
Makanan Khas Indonesia Pempek adaan
Pempek Adaan

Pempek ini berbentuk bulat-bulat dengan ukuran sedang. Rasa bawang dan ikannya cukup khas. Pembuatan pempek ini dengan cara langsung digoreng.


5.      Pempek Lenggang
Makanan Khas Indonesia Pempek lenggang
Pempek Lenggang

Pempek lenggang terbuat dari pempek telur atau pempek lenjer yang dipotong kecil-kecil kemudian dicampur dengan kocokan telur, baru kemudian digoreng.


6.      Pempek Pistel
Makanan Khas Indonesia Pempek pistel
Pempek Pistel

Pempek ini berisi tumisan pepaya muda yang sudah dimasak sebelumnya. Ukurannya sedang dan di bagian pinggirnya dibentuk seperti gelombang kipas.


7.      Pempek Panggang
Makanan Khas Indonesia Pempek panggang
Pempek Panggang

Pempek yang satu ini berbeda dengan jenis pempek lainnya karena cara masaknya dengan dipanggang. Setelah matang pempek dibelah pada bagian sampingnya dan diisi dengan udang kering dan cuko, atau sesuai dengan selera masing-masing.

Nah di atas adalah beberapa jenis pempek yang sering dijual oleh pedagang. Walaupun sebenernya masih banyak lagi jenis-jenisnya. Selain itu dari adonan pempek juga masih bisa dibuat beberapa jenis turunan makanannya. Seperti laksan, tekwan, model dan celimpungan.

No comments:

Post a Comment