Sunday, January 31, 2016

Makanan Khas Indonesia Menggunakan Bumbu Kacang




Bumbu kacang adalah semacam saus yang berbumbu dan menggunakan kacang tanah sebagai bahan utamanya. Kacang tanah ini digoreng dan dihaluskan. Terkadang dicampur denga cabai (sambal kacang) atau dibuat encer (kuah kacang).

Bumbu kacang ini menjadi salah satu ciri khas masakan dari Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara serta Tiongkok. Bumbu kacang akan memberikan aroma yang khas pada makanan dan menambah sensasi rasa gurih. Berikut ini adalah beberapa makanan yang menggunakan bumbu kacang sebagai campurannya, sebagian besar berasal dari laman wikipedia. Jika ada yang belum disebutkan kawan-kawan dapat menambahkan di kolom komentar.


1.      Sate
Makanan Khas Indonesia Menggunakan Bumbu Kacang - sate
Sate

Sate sudah menjadi makanan yang akrab dengan masyarakat Indonesia. Di setiap daaerah mudah sekali dijumpai orang yang berjualan sate, dari pedagang dengan gerobak di pinggir jalan sampai rumah makan. Sate biasanya berasal dari daging ayam dan kambing. Walaupun ada beberapa pedagang yang menawarkan satu berasal dari daging hewan lain, seperti daging kelinci, biawak, bekicot, ular dan lain-lain.

Sate dimasak dengan cara di bakar dengar arang yang membara. Kemudian setelah matang daging sate yang ditusuk menggunakan bambu kecil/lidi bambu disiram dengan bumbu kacang. Biasanya disajikan dengam lontong dan bawang goreng.


2.      Pecel
Makanan Khas Indonesia Menggunakan Bumbu Kacang - pecel
Pecel

Pecel merupakan makanan yang terdiri dari sayuran yang direbus terlebih dahulu, dan dicampur dengan bumbu kacang. Terkadang juga bumbu kacang disiramkan di atas sayuran, tergantung selera masing-masing. Kemudian diberi tambahan kerupuk dan bawang goreng. Biasanya disajikan bersama nasi atau lontong di piring bambu atau juga pincuk dari daun pisang.


3.      Gado-gado
Makanan Khas Indonesia Menggunakan Bumbu Kacang - gado-gado
Gado-gado

Gado-gado identik dengan makanan dari Jakarta. Makanan ini berasal dari sayur-sayuran yang direbus dan dicampur dengan bumbu kacang tanah. Yang membedakan dengan pecel adalah biasanya pada gado-gado diberi tambahan irisan kentang rebus, potongan telor rebus dan juga emping.


4.      Ketoprak
Makanan Khas Indonesia Menggunakan Bumbu Kacang - ketoprak
Ketoprak

Ketoprak di sini bukan kesenian dari Jawa ya. Tetapi makanan yang berbahan mie bihun, tahu goreng, potongan mentimun dan taoge. Dicampur dengan ulekan bumbu kacang tanah. Biasanya ditambahkan bawang merah goreng dan kerupuk. Disajikan bersama ketupat atau lontong. Kadang juga ditambah dengan telor rebus.


5.      Karedok
Makanan Khas Indonesia Menggunakan Bumbu Kacang - karedok
Karedok

Karedok adalah makanan yang menggunakan bahan utama sayuran yang masih mentah. Biasanya terdiri dari mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi dan terong. Sedangkan untuk bumbunya menggunakan bahan utama kacang tanah dan dicampur dengan beberapa bumbu lainnya. Disajikan bersama kerupuk dan lontong.


6.      Lotek
Makanan Khas Indonesia Menggunakan Bumbu Kacang - lotek
Lotek

Lotek mirip dengan makanan pecel. Makanan ini adalah khas dari daerah Jawa Barat. Sama dengan pecel yang menggunakan sayuran yang direbus, namun pada lotek bumbu kacangnta sering dicampur dengan tempe. Rasa lotek biasanya lebih manis dibandingkan dengan pecel.


7.      Tahu Tek
Makanan Khas Indonesia Menggunakan Bumbu Kacang - tahu tek
Tahu Tek

Tahu berbahan baku tahu goreng yang dipotong kecil-kecil. Dengan tambahan lontong, kentang goreng, taoge dan juga mentimun. Bumbu kacangnya disiramkan ke atas potongan tahu. Disajikan dengan ditaburi kerupuk. Makanan ini awalnya berasal dari kota Surabaya.


8.      Tahu Gimbal
Makanan Khas Indonesia Menggunakan Bumbu Kacang - tahu gimbal
Tahu Gimbal

Makanan khas Kota Semarang ini berbahan baku tahu goreng, potongan kol, taoge dan udang gimbal. Yang menjadi ciri khas adalah adanya udang gimbal ini yaitu bakwan goreng yang berisi udang dan dipotong-potong. Kemudian disajikan dengan lontong dan telur. Dicampur dengan bumbu kacang yang agak encer.


9.      Siomay dan Batagor
Makanan Khas Indonesia Menggunakan Bumbu Kacang - siomay
Siomay

Salah satu jajanan favorit di Indonesia adalah siomay. Siomay terbuat dari tepung dan dicampur dengan daging atau ikan. Dan dibungkus dengan kulit yang terbuat dari tapioka atau pangsit. Namun kadang juga siomat dibuat tanpa menggunakan kulit. Siomay atau somay biasanya dikombinasikan dengan tahu, pare, telor, kol/kubis, kentang dll.

Makanan Khas Indonesia Menggunakan Bumbu Kacang - batagor
Batagor
Batagor atau singkatan dari  bakso tahu goreng, adalah makanan makanan yang berasal dari tahu, dilembutkan dan diisi adonan tepung dan ikan tenggiri. Lalu dibentuk bulat dan digoreng. Siomay dan batagot disajikan dengan dicampur bumbu kacang, kecap manis dan sambal.


10.  Cilok
Makanan Khas Indonesia Menggunakan Bumbu Kacang - cilok
Cilok

Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok. Sesuai dengan namanya bahan dasar yang digunakan adalah aci atau tapioka. Biasanya didalamnya terdapat telur atau daging cincang. Teksturnya kenyal, dan disajikan bersama bumbu kacang, kecap dan saus.


11.  Otak-otak
Makanan Khas Indonesia Menggunakan Bumbu Kacang - otak-otak
Otak-otak

Otak-otak ini terbuat dari daging ikan yang dilembutkan dan diberi bumbu. Kemudian dimasukkan lagi ke dalam kulit ikan. Dicampur dengan tepung dan bumbu lainnya. Kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang. Disajikan dengan bumbu yang berbahan utama kacang. Bumbu kacang ini sifatnya encer.


12.  Rujak Buah
Makanan Khas Indonesia Menggunakan Bumbu Kacang - rujak buah
Rujak Buah

Makanan ini berbahan dasar potongan buah-buahan segar. Kemudian dicampur dengan bumbu yang terdiri dari kacang tanah yang digoreng, gula merah, cabai, air dll. Oh ya bumbu ini bisa juga dicampur dengan buah atau disediakan untuk dapat dicocol dengan potongan buah tersebut.

Nah itu beberapa makanan khas Indonesia menggukan bumbu kacang gan. Kebanyakan sih makanan favorit saya. Hehehe...

No comments:

Post a Comment