Friday, January 29, 2016

Makanan Khas Indonesia - Buah Asli Indonesia



Di Indonesia, selain terdapat keaneka ragaman masakan dari setiap daerah ternyata juga memiliki buah-buahan yang asli dari Indonesia. Buah-buahan ini awalnya memang berasal dari Indonesia kemudian menyebar ke seluruh dunia. Dan bahkan menjadi favorit dari bangsa-bangsa di luar negeri. Berikut ini adalah makanan khas Indonesia – buah asli Indonesia:


1.      Durian
Makanan Khas Indonesia - Buah Asli Indonesia - durian
Durian

Buah ini terkenal sangat lezat di kalangan masyarakat Indonesia. Rasa yang nikmat dan baunya yang khas menjadikannya dijuluki sebagai King of Fruit. Buah ini banyak terdapat di Sumatera dan Kalimantan. Daging buahnya banyak dijadikan sebagai bahan makanan dan kue-kue tradisional seperti dodol durian, sambal durian dll.


2.      Jambu Air
Makanan Khas Indonesia - Buah Asli Indonesia - jambu air
Jambu Air

Jambu air memiliki beberapa variasi sesuai dengan warnanya. Ada yang merah, putih dan hijau. Bentuknya seperti lonceng. Di luar negeri buah ini mendapat sebutan sebagai Java Apple. Rasanya manis dan mengandung banyak air dan vitamin C.


3.      Belimbing
Makanan Khas Indonesia - Buah Asli Indonesia - belimbing
Belimbing

Buah belimbing awalnya berasal dari daerah Maluku. Lalu diperkenalkan ke daerah Florida di Amerika Serikat dan ternyata di sana juga bisa tumbuh dan berkembang. Di sana buah belimbing dinamakan starfruit, karena bentuknya seperti Star/Bintang ketika dibelah. Buah ini juga kaya akan serat dan vitamin C.


4.      Pisang
Makanan Khas Indonesia - Buah Asli Indonesia - pisang
Pisang

Pisang juga awalnya berasal dari Indonesia. Kemudian dibawa ke Eropa oleh bangsa Belanda. Ternyata sekarang malah Amerika Latin yang menjadi produsen terbesar dari pisang. Buah ini kaya akan mineral dan juga vitamin. Sangat baik untuk kesehatan.


5.      Kedondong
Makanan Khas Indonesia - Buah Asli Indonesia - kedondong
Kedondong

Nama lain untuk buah kedondong adalah Ambarella. Nama ini populer untuk wilayah di luar negeri. Buah yang bijinya berduri ini asalnya dari daerah Indonesia Bagian Timur. Kemudian diperkenalkan ke Eropa pada abad ke-20.


6.      Manggis
Makanan Khas Indonesia - Buah Asli Indonesia - manggis
Manggis

Buah kesukaan Ratu Victoria dari Inggris ini awalnya berasal dari daerah Kalimantan dan Jawa Barat. Kulitnya berwatna merah tua tetapi isi berwarna putih bersih dan bertekstur lembut. Rasa dari buah ini adalaha asam-manis. Buah ini memiliki banyak khasiat bahkan sampai kulitnya pun memiliki khasiat diantaranya sebagai anti oksidan.


7.      Rambutan
Makanan Khas Indonesia - Buah Asli Indonesia - rambutan
Rambutan

Buah ini dijuluki rambutan karena kulitnya yang ditumbuhi seperti rambut. Rasanya manis-manis asam dan segar. Buah ini juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tetapi hati-hati, jangan makan terlalu banyak karena dipercaya dapat menyebabkan batuk.


8.      Duku
Makanan Khas Indonesia - Buah Asli Indonesia - duku
Duku

Buah duku awalnya berasal dari daerah Sumatera Selatan. Berbentuk bulat kecil dan berwarna kekuningan. Rasanya manis-kecut, tetapi awas jangan sampai tergigit bijinya karena rasanya pahit.


9.      Salak
Makanan Khas Indonesia - Buah Asli Indonesia - salak
Salak

Salah memiliki kulit yang seperti sisik, sehingga tidak heran jika salak mendapat julukan snake fruit.  Buah salak banyak mengandung serat sehingga baik untuk orang yang mengalami sembelit atau sulit buang air besar.

Sebenarnya masih banyak buah yang asli berasal dari Indonesia. Namun itu hanya beberapa buah yang popular di masyarakat bahkan di luar negeri. Lain waktu saya akan memposting tentang Makanan Khas Indonesia - Buah Langka Asli Indonesia.

No comments:

Post a Comment