Monday, January 25, 2016

Makanan Khas Indonesia Yang Go International



Apa kabar sobat semua??? Semoga semuanya baik-baik dan sehat selalu. Supaya tetap bisa makan enak dan enak makan. Karena begitu banyak makanan khas dari negeri kita ini yang sangat enak, bahkan kelezatannya sudah terkenal sampe ke luar negeri. Nah apa saja makanan khas Indonesia yang Go International? Berikut saya akan coba memberikan sedikit informasi bagi sobat pembaca sekalian. Cekibrottt.....!!!


1.      Rendang
 
Makanan Khas Indonesia Yang Go International - rendang
Rendang
Makanan yang berasal dari Sumatera Barat ini, siapa sih yang tidak pernah dengar??? Saya yakin sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah pernah menyicipinya. Bahkan mungkin sudah menjadi menu favoritnya. Hehehe.. Makanan ini sangat mudah didapati, karena pasti tersedia di rumah makan Padang yang hampir ada di setiap sudut jalan.
Rendang umumnya terbuat dari daging sapi. Yang bumbunya berasal dari campuran berbagai rempah-rempah. Dimasak bersama santan kelapa dan prosesnya bisa sampai berjam-jam. Supaya menghasilkan warna yang hitam dan dagingnya pun terasa empuk. Pada 2011, saluran berita CNN Internasional menjadikan rendang sebagai peringkat teratas dari 50 makana terlezat di dunia versi CNN.

2.      Nasi Goreng
Makanan Khas Indonesia Yang Go International - nasi goreng
Nasi Goreng


Nasi goreng salah satu menu andalah rakyat Indonesia, termasuk saya sendiri. Bahkan sering membuat sendiri di rumah. Nasi goreng tersedia banyak variasi menunya, tergantung selera kita masing-masing mana yang lebih enak di lidah kita.
Pada ajang perlombaan memasak di Shanghai China, pada 2010 yang lalu, sedikitnya nasi goreng yang disajikan bersama telor dadar mampu terjual sampai 700 porsi. Selain itu nasi goreng semakin terkenal di dunia internasional, setelah Presiden Barrack Obama menyebutkan nama nasi goreng beberapa kali dan mengatakan enak.

3.      Bakso
Makanan Khas Indonesia Yang Go International - bakso
Bakso


Makanan yang umumnya terbuat dari daging sapi dan di bentuk bulat-bulat ini juga tidak kalah nikmatnya. Apalagi wanita, entah kenapa seperti ada ikatan batin antara bakso dan wanita, sehingga selalu menjadi menu favorit dari sebagian besar wanita. hehe.... Bakso juga tersedia dalam berbagai rasa dan variasi. Biasanya disajikan bersama mie dan kadang juga tauge/kecambah.

4.      Tempe
Makanan Khas Indonesia Yang Go International - tempe
Tempe
Tempe?! Hmm... siapa yang tidak kenal? Ini makanan wajib dan favorit rakyat Indonesia. Hehehe... terbuat dari kacang kedelai yang di fermantasikan. Bisa dibuat berbagai variasi masakan. Dan tetap saja nikmatnya. Hehe... Tempe terkenal di Negeri Jepang dan Korea. Bahkan di Jepang ada seorang warga Indonesia yang memproduksi dan menjual tempe di sana.

5.      Sate
Makanan Khas Indonesia Yang Go International - sate
Sate


Sate adalah daging yang dibakar dan diberi bumbu kecap atau bumbu kacang. Biasanya terbuat dari daging ayam atau kambing. Pada sebuat bazaar Internasional yang diselenggarakan di China pada 2013 lalu, sate ayam menjadi salah satu menu favorit dan terjual habis. Bahkan di Negeri Amerika Serikat juga sudah ada sebuah restoran Indonesia yang menyajikan menu sate ayam.

6.      Sop Buntut
makanan khas indonesia yang go international sop buntut
Sop Buntut
Pada sebuah acara yang diselenggarakan Kedubes Indonesia untuk Spanyol di Kota Madrid yakni untuk memperkenalkan masakan khas Indonesia. Salah menu yang mendapat respon positif adalah sop buntut. Setidaknya ada 300an orang yang jatuh hati pada makanan ini.

7.      Soto Ayam
makanan khas indonesia yang go international soto ayam
Soto Ayam
Soto ayam sudah menjadi langganan peserta di acara festival makanan di Jepang. Acara ini diselenggarakan oleh pelajar Indonesia di sana. Dan soto ayam menjadi makanan yang dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Jepang.


8.      Gado-gado
makanan khas indonesia yang go international gado-gado
Gado-gado
Gado gado yang dapat dimakan seperti salad ini memang cukup sederhana. Perlombaan memasak internasional di Napoli pada tahun 2010, menjadi pembuktian gado gado bukan sembarang makanan. Di ajang ini gado gado menjadi juara pertama kategori tampilan sajian estetika.

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang go international. Semoga jangan hanya masyarakat internasional yang mau menerima makanan khas Indonesia. Tetapi kita juga harus bangga dan mau menerima sebagai menu makanan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment