Saturday, January 30, 2016

Makanan Khas Indonesia Daerah Lampung



Daerah Sumatera terkenal dengan makanan yang mempunyai ciri khas pedas. Begitu juga dengan daerah Lampung, banyak makanan yang bercita rasa pedas. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Indonesia daerah Lampung.


1.      Seruit
Makanan Khas Indonesia Daerah Lampung - seruit
Seruit
Makanan Khas Indonesia Daerah Lampung - nyeruit
Nyeruit

Seruit adalah sejenis makanan dari ikan goreng atau atau bakar dan dicampur dengan sambal seperti sambal terasi, sambal tempoyak atau sambal mangga. Acara makan seruit bersama biasa disebut dengan istilah nyeruit.


2.      Sambal Khas Lampung
Makanan Khas Indonesia Daerah Lampung - sambal lampung
Sambal Lampung

Sambal ini terkenal akan kepedasannya. Walaupun begitu sambal ini sering dicari untuk oleh-oleh khas dari Lampung. Bentuk sambalnya yaitu ulekan kasar cabai rawit merah yang dicampur dengan bawang putih dan diberi garam dan cuka.


3.      Sambal Tempoyak
Makanan Khas Indonesia Daerah Lampung - sambal tempoyak
Sambal Tempoyak

Makanan ini terbuat dari fermentasi daging buah durian. Jadi rasanya ada asam-asamnya. Biasanya cocok juga dihidangkan ketika acara nyeruit.


4.      Gulai Taboh
Makanan Khas Indonesia Daerah Lampung - gulai taboh
Gulai Taboh

Makanan khas Lampung ini adalah gulai santan yang biasanya berisi kacang-kacangan. Seperti kacang merah, kacang panjang, kacang gelinyor, kacang tuwoh, rebung, kentang dan lain-lain.


5.      Gabing
Makanan Khas Indonesia Daerah Lampung - gabing
Gabing

Sensai unik yang diberikan oleh makanan ini adalah dikarenakan makanan ini terbuat dari batang kelapa muda yang dipotong dengan ukuran sedang. Cara memasaknya dengan disayur bersama kuah santan. Sedangkan rasa dari batang kelapa tersebut adalah rasa manis dan gurih.


6.      Umbu
Makanan Khas Indonesia Daerah Lampung - umbu
Umbu

Lalapan yang terbuat dari rotan muda yang direbus sampai lunak. Rasanya pahit seperti buah pare tapi dapat membangkitkan selera makan.


7.      Pindang Lampung
Makanan Khas Indonesia Daerah Lampung - pindang lampung
Pindang Lampung

Pindang adalah makanan khas di wilayah Sumatera. Begitu juga di Lampung, masakan pindang menjadi salah satu kegemaran dari masyarakat di sana. Pindang Lampung ini terasa asam gurih, dan kuahnya lebih harum dikarenakan kuah yang dicampur dengan daun kemangi.

Sedangkan untuk makanan ringannya adalah:

1.      Engkak
2.      Lapis Legit
3.      Kemplang
4.      Keripik Pisang
5.      Geguduh
Untuk makanan ringan ini nanti akan saya bahas sendiri di postingan yang lain ya.


Oh ya ada satu lagi, yaitu minuman khas dari Lampung. Yaitu kopi duren/durian. Kopi yang sudah diseduh dengan air panas kemudian di masukkan satu biji buah duren (bukan satu buah besar ya). Aroma kopi ditambah rasa durennya membuat kita semakin ketagihan. Dijamin deh...
Makanan Khas Indonesia Daerah Lampung - kopi duren
Kopi Duren

No comments:

Post a Comment