Thursday, January 28, 2016

Makanan Khas Indonesia Dari Daerah Aceh



Jika berbicara tentang kuliner dari Indonesia memang tidak pernah ada habisnya. Kenapa? Karena Indonesia begitu kaya akan keaneka ragaman, yang mana ini akan membuat setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing. Begitu juga denga makanannya, pasti setiap daerah mempunyai resep sendiri-sendiri yang pastinya enak-enak semua.

Nah kali ini saya akan menuliskan tentang beberapa makanan khas Indonesia dari daerah Aceh. Mungkin beberapa diantaranya sudah tidak asing lagi bagi kita karena sudah terkenal ke berbagai daerah di Indonesia.

1.      Mie Aceh
makanan khas indonesia dari daerah aceh - mie aceh
Mie Aceh
Ini adalah salah satu andalan daerah Aceh. Mie yang sebenarnya merupakan masakan pedas. Namun sekarang penyajiannya bisa sesuai pesanan apakah mau pedas atau tidak. Dan juga bisa disajikan denga direbus atau digoreng. Mie yang digunakan adalah mie kuning tebal. Variasi menunya dapat disajikan dengan irisan daging sapi, daging kambing, atau makanan laut (biasanya udang atau cumi).

2.      Ayam Tangkap
makanan khas indonesia dari daerah aceh - ayam tangkap
Ayam Tangkap
Di kalangan para traveler makanan ayam tangkap ini sudah sangat terkenal. Makanan yang terbuat dari ayam yang digoreng dengan menggunakan bumbu dan rempah-rempah khas yang merupakan salah satu masakan khas dari aceh. Ayam yang digunakan juga haruslah ayam kampung. Pada saat memasak di masukkan pula daun-daun khusus seperti daun kari, potongan daun pandan dan salam koja. Dan setelah matang daun-daun ini tetap dibiarkan di dalam masakan.

3.      Rujak Aceh
makanan khas indonesia dari daerah aceh - rujak aceh
Rujak Aceh
Rujak adalah makanan yang berasal dari potongan buah segar dan disajikan dengan di cocol atau dicampur dengan sambal khusus rujak. Ciri khas dari rujak Aceh adalah menggunakan buah rumbia khas Aceh.

4.      Eungkot Kemamah
makanan khas indonesia dari daerah aceh - eungkot kemamah
Eungkot Kemamah
Eungkot kemamah (ikan kayu), salah satu menu andalan dari Aceh juga, terbuat dari ikan tuna yang direbus dan dikeringkan kemudian diiris-iris. Dapat dimasak dengan santan, cabai hijau dan rempah-rempah khusus lainnya.

5.      Martabak Aceh
makanan khas indonesia dari daerah aceh - martabak aceh
Martabak Aceh
Martabak Aceh adalah makanan Aceh yang dibuat seperti bentuk martabak telor. Pembuatannya sedikit berbeda dari martabak telor pada umumnya, karena kocokan telur membungkus kulit martabaknya.
Pembuatan martabak ini diawali dengan menggoreng kulit martabaknya terlebih dahulu dan dibentuk segi empat, mirip dengan pembuatan roti canai. Kemudian kulit martabak dilumuri dengan kocokan telur yang telah dicampur dengan rajangan bawang merah dan daun bawang. Tahap berikutnya, kulit martabak digoreng seperti layaknya membuat dadar atau omelet, dengan kulit martabak yang berbentuk roti canai segi empat tadi sebagai intinya. Sebagai pelengkap rasa, martabak Aceh disajikan dengan acar bawang dan cabe rawit.

Itulah beberapa makanan khas Indonesia dari daerah Aceh. Sebenernya masih banyak yang belum saya sebutkan. Mungkin lain waktu akan saya update supaya lebih lengkap lagi.

No comments:

Post a Comment