Sunday, January 31, 2016

Makanan Khas Indonesia Daerah Maluku




Kali ini kita akan mengunjungi daerah di timur Indonesia, untuk mengintip ada makanan khas apa di sana? Daerah ini terkenal juga dengan sebutan Ambon Manise. Nah pasti sudah pada bisa nebak nama daerahnya ya? Betul sekali, daerah tersebut adalah Maluku. Berikut ini saya akan menuliskan beberapa makanan khas Indonesia daerah Maluku, yang patut kita coba ketika kita berkunjung ke sana.


1.      Papeda Khas Maluku
Makanan Khas Indonesia Daerah Maluku - papeda
Papeda

Sama halnya dengan papeda yang ada di papua yang pernah saya bahas di postingan sebelumnya. Papeda dari Maluku juga terbuat dari bubur sagu. Teksturnya lengket seperti lem. Biasa disajikan dengan ikan tongkol atau ikan yang lainnya.


2.      Ikan Kuah Pala Banda
Makanan Khas Indonesia Daerah Maluku - ikan kuah pala banda
Ikan Kuah Pala Banda

Pulau Banda sudah terkenal dari dulu sebagai penghasil rempah-rempah, hal inilah yang menyebabkan Belanda datang ke Maluku. Ikan kuah pala Banda adalah makanan asli dari kepulauan Banda ini. Yang menjadi keunikannya adalah kuahnya yang sangat segaryang merupakan perpaduan antara rasa asam dan pedas dari buah pala.


3.      Gohu Ikan Khas Maluku
Makanan Khas Indonesia Daerah Maluku - gohu ikan khas maluku
Gohu Ikan

Inilah sashimi dari Ternate. Karena dibuat dari daging ikan tuna yang masih mentah. Setelah dipotong kecil-kecil lalu dicuci. Dan dicampur dengan garam dan perasan buah lemon cui untuk menghilangkan bau amisnya. Setelah itu ditambah dengan daun kemangi untuk memperkuat aromanya. Kemudian dicampur dengan tumisan bawang merah dan cabe rawit yang dituangkan ke atas potongan ikan tuna mentah tadi. Terakhir ditaburi kacang tanah yang ditumbuh kasar.


4.      Nasi Lapola
Makanan Khas Indonesia Daerah Maluku - nasi lapola
Nasi Lapola

Ternyata di Maluku terdapat menu makanan yang terbuat dari nasi. Salah satunya adalah nasi lapola. Beras dimasak sampai setengah matang kemudian dicampur dengan kacang tolo rebus, kelapa parut dan garam lalu diaduk rata. Baru setelah itu dikukus sampai matang.


5.      Ikan Komu Asar
Makanan Khas Indonesia Daerah Maluku - ikan komu asar
Ikan Komu Asae

Ikan komu asar ini adalah ikan cakalang yang dimasak dengan cara ditusuk dengan bamboo lalu diasap selama kira-kira satu jam. Biasanya ikan asar dibuat dari ikan tongkol atau ikan tuna. Ikan komu asar ini cocok disantap dengan nasi dan sambal colo-colo.


6.      Sambal Colo-colo
Makanan Khas Indonesia Daerah Maluku - sambal colo-colo
Sambal Colo-colo

Sambal merupakan ciri khas masakan dari Indonesia. Tidak ketinggalan daerah Ambon mempunyai sambal yang sangat pedas yaitu sambal colo-colo. Sambal ini tidak diulek melainkan hanya gabungan dari tomat muda, bawang merah, cabe rawit yang dipotong-potong kemudian diberi garam dan air jeruk nipis.

Terakhir sebagai pelengkap dari makanan-makanan di atas, di Maluku juga terdapat kopi khas yang biasa disebut kopi sibu-sibu. Kopi ini berasal dari jenis robusta dan dicampur dengan bubuk cengkeh dan ditaburi biji ketapang muda.
Makanan Khas Indonesia Daerah Maluku - kopi sibu-sibu
Kopi Sibu-sibu

No comments:

Post a Comment