Monday, January 25, 2016

Makanan Khas Indonesia dari Papua



Papua sebagai daerah paling timur di negara Indonesia, mempunyai banyak sekali keindahan alam, baik tumbuh-tumbuhan dan juga hewan. Dari keaneka ragaman itu Papua memiliki kuliner yang unik. Apa sajakah makanan khas Indonesia dari Papua? Cekibrottt....!!


1.      Papeda khas Papua
 
makanan khas indonesia dari papua - papeda
Papeda
Papeda adalah salah satu makanan khas dari daerah Papua. Bahan pokok makanan ini terbuat dari sagu yang dimasak menjadi bubur. Biasanya disajikan dengan bumbu kuah kuning. Kadang juga dengan ikan tongkol. Nah untuk kalian yang berkesempatan mengunjungi Papua, harus mencoba makanan ini. Karena makanan ini sudah lama dipromosikan juga di luar daerah Papua.


2.      Sate Ulat Sagu
makanan khas indonesia dari papua - sate ulat sagu
Sate Ulat Sagu


Sate ulat sagu adalah makanan yang berasal dari ulat sagu. Besarnya biasanya seukuran jempol orang dewasa. Wow mantab sekali ya. Ulat sagu ini didapat dari batang pohon sagu yang dibiarkan membusuk di hutan, untuk kemudian diambil ulatnya. Ada 2 cara penyajian dari ulat sagu ini. Yang pertama adalah dimakan mentah-mentah. Bagi yang sudah biasa hal ini tidak menjadi masalah. Cara kedua adalah dengan dibakar atau dibuat sate. Biasanya dijadikan cemilan sambil bersantai di sore hari. Ulat sagu ini rasanya kenyal tetapi mengandung protein yang tinggi lho. Jadi kalo mampir ke Papua jangan lupa untuk mencicipinya ya.


3.      Aunu Senebre
 
makanan khas indonesia dari papua - aunu senebre
Aunu Senebre
Aunu senebre ini terbuat dari ikan teri nasi. Dan dicampur dengan irisan daun talas. Teksturnya sedikit kering. Biasanya disajikan bersama papeda atau umbi-umbian.

Itulah beberapa makanan khas Indonesia dari Papua yang terkenal. Sebenernya masih banyak lagi tetapi karena keterbatasan waktu, baru itu saja yang dapat saya share kan. Semoga bermanfaat untuk kita semua...

No comments:

Post a Comment