Sunday, January 31, 2016

Makanan Khas Indonesia Berasal Luar Negeri



Di Indonesia banyak sekali terdapat makanan-makanan khas dari berbagai penjuru daerah. Mulai dari Sabang sampe Merauke, semua mempunyai makanan khas sendiri-sendiri. Tetapi ternyata diantara banyak makanan tersebut ada yang awal mulanya bukan berasal dari Indonesia, padahal makanan-makanan tersebut sudah melekat dan menjadi ciri khas dari masyarakat Indonesia. Nah berikut adalah ulasannya.

1.      Mie
Makanan Khas Indonesia Berasal Luar Negeri - mie
Mie
Siapa yang tidak kenal mie? Apalagi mie instant, pasti anak kost an sudah akrab dengan yang namanya mie. Mie sudah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Bahkan banyak daerah di Indonesia yang menjadikan masakan khasnya berbahan dasar dari mie. Tetapi taukah kawan, ternyata mie awal mulanya bukan berasal dari Indonesia. Ini dibuktikan dengan ditemukannya tulisan tertua mengenai mie yang berasal dari Dinasti Han Timur, antara tahun 25 dan 220 Masehi. Jadi bisa dipastikan bahwa mie berasal dari Tiongkok.

2.      Siomay
Makanan Khas Indonesia Berasal Luar Negeri - siomay
Siomay
Salah satu jajanan favorit di Indonesia adalah siomay. Siomay atau somay biasanya dikombinasikan dengan tahu, pare, telor, kol/kubis, kentang dll. Siomay juga disajikan dengan dicampur bumbu kacang dan kecap manis. Tetapi siomay ini ternyata juga awal mulanya tidak berasal dari negara kita ini, melainkan ditemukan oleh bangsa Mongolia Dalam.

3.      Nasi Goreng
Makanan Khas Indonesia Berasal Luar Negeri - nasi goreng
Nasi Goreng
Nah ini fakta yang sangat mengejutkan. Nasi goreng yang sudah di klaim sebagai makanan khas Indonesia, ternyata juga awal mulanya bukan berasal dari Indonesia. Karena kabarnya nasi goreng ini udah ada sejak tahun 4000 SM dari daerah Tiongkok. Dan resep nasi goreng ini terbawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menyebar ke Asia Tenggara.

4.      Bakso
Makanan Khas Indonesia Berasal Luar Negeri - bakso
Bakso
Makanan satu ini selalu menjadi menu favorite dari masyarakat Indonesia terutama kaum hawa. Entah kenapa seperti ada keterikatan antara bakso dan wanita. Hehehe..
Sama seperti makanan di atas, bakso juga ternyata awalnya berasal dari Tiongkok. Yang kata bakso berasal dari kata Bak-So, yang artinya adalah daging giling.

5.      Soto
Makanan Khas Indonesia Berasal Luar Negeri - soto
Soto
Banyak sekali daerah di Indonesia yang mempunyai makanan khas berupa soto. Mungkin kawan-kawan sudah tau daerah-daerah mana saja yang mempunyai makanan soto ini. Kalo belum tau coba deh tanya sama mbah Google, pasti nanti dikasih tau. Hehehe... Nah ternyata sama juga dengan yang lain, soto diyakini awal mulanya berasal dari Tiongkok juga. Dan menyebar ke negara lain karena banyak warga Tiongkok yang pergi merantau ke negara lain, termasuk ke Indonesia.

Jadi jangan kaget kalo ternyata makanan favorit kita awalnya berasal dari luar negeri ya. Walaupun mungkin masih ada perdebatan diantara makanan tersebut karena kurang kuatnya bukti otentik. Yang pasti, tetap jaga kesehatan, supaya kita tetap bisa makan enak dan enak makan.

No comments:

Post a Comment